Popular posts

Total Tayangan Laman

Dejavu.corp. Diberdayakan oleh Blogger.

SMS GRATIS

Adsense Indonesia
On Jumat, 24 Februari 2012

setelah kita sudah bereksperimen dengan mengedit icon pada file .ic yang sangat ribet, maka kali ini saya akan mengajak kalian semua untuk mengedit Menu dan mengedit Icon-icon pada hape Sony EricssonWinking smile

Awalnya saya tidak menyangka kalau kita bisa mengedit urutan dan isi menu pada hape SE kita. Tetapi ketidakpercayaan saya itu sirna ketika saya mencoba sendiri memakai hape saya tercinta (kasihan si Zylo, dipake eksperimen terusSleepy smile).

Catatan: Tutorial ini tak hanya bisa diaplikasikan pada SE Zylo saja, tapi juga bisa diterapkan pada semua

Mari langsung saja saya kasih tahu caranya.
Yang kita butuhkan:
1. File menu.ml original Zylo. Bisa download disini.
2. Icon (PNG) yang akan digunakan untuk mengganti icon menu original (185×121 px, wajib!).
3. Far Manager (wajibRolling on the floor laughing). Bisa download disini.
4. Notepad++ (opsional). Bisa download disini.
5. File menu.ml + icon yang telah saya modif (kalau gak mau susah-sudah editNyah-Nyah). Disini.

Pertama
Edit file menu.ml menggunakan Notepad++ (karena anda akan sangat kesulitan jika menggunakan notepad bawaan Windows). Pilih menu Language –> XML. Lalu kelompokkan (opsional) sehingga terlihat seperti gambar berikut ini.
Capture

Capture1

Maka kita dapat beberapa item yang menjadi bagian dari item Main Menu, yaitu:
1. PlayNow
2. InternetServices
3. Entertainment
4. Camera
5. Messaging
6. MediaCenter
7. FMRadio
8. Phonebook
9. MediaPlayer
10. Calls
11. Organizer
12. Settings

Nah, iten yang selain tertera di atas, berarti buka elemen dari main menu yang akan tampil di hape anda.

Kedua
Beri nama icon yang akan menggantikan icon standart dengan angka sesuai dengan urutan diatas. Misal: 1.png, 2.png, 3.png, dst.
Setelah itu collapse-kan salah satu menu yang akan diedit dengan klik tanpa plus di kanan elemen yang bersangkutan. Akan tampil seperti ini:
Capture2

Lalu edit bagian ini:
Capture3

menjadi:
Capture4

karena elem yang saya ganti adalah Messaging (urutan ke-5), maka file 5.png yang saya masukkan di sana.
Lalu ganti semua element yang  harus diganti dengan file yang benar.
Setelah semuanya selesai, simpan file menu.ml dan file .png icon-iconnya pada satu folder yang sama agar memudahkan untuk meng-upload.
Capture5

Ketiga
Upload semua file tersebut ke direktori berikut dengan menggunakan Far Manager:
/tpa/preset/system/menu

Tak perlu hapus file asli, karena akan otomatis ter-overwrite Smile
Tetapi perlu diingat, SELALU MILIKI FILE ORIGINAL-NYA, karena jika terjadi apa-apa terhadap hape anda, saya tidak bertanggungjawabBe right back

Setelah jadi, hasilnya akan seperti ini:
Unnamed3Unnamed2
Unnamed1

Sekian tutorial dari saya kali ini. Selamat Mencoba Open-mouthed smile

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. susah donwlod File menu.ml original Zylo. itu gimana caranya biar mudah

    BalasHapus

Search Box

dfggfgf