Popular posts

Total Tayangan Laman

Dejavu.corp. Diberdayakan oleh Blogger.

SMS GRATIS

Adsense Indonesia
On Kamis, 08 November 2012


Pada postingan kali ini saya akan memberikan tips bagaimana melengkapi fitur Spelling & Grammar Check Bhs Indonesia pada program MS Word 2007. fitur ini sangat bermanfaat dan akan sangat membantu bagi siapa saja yang sering melakukan kegiatan ketik mengetik dalam Bhs Indonesia, apakah itu berupa surat, laporan, makalah, skripsi dll. tetapi sering terkendala dengan hasil ketikan yang sering kita jumpai salah ketik dimana-mana, he he , maksud hati mengetik ” Mba Yuli” eeh, yang jadi ‘Mba Tuli”, habis tombol T dan Y pada keyboard berdampingan jadinya kadang salah pencet.

Fitur Spelling & Grammar ini berfungsi untuk mengecek apakah dokumen yang sudah kita ketik salah dalam ejaan (Spelling) dan atau tata bahasa (Grammar) termasuk penggunaan tanda baca yang baik dan benar sesuai dengan EYD. Namun pada tips ini hanya berlaku pada spelling atau ejaan, untuk tata bahasa, frankly speaking ngga ngaruh. hal ini dikarenakan secara default, yang berlaku pada MS Word hanya logika gramatika bhs inggris. untuk ejaan, pada dasarnya kita hanya memanipulasi perbendaharaan kata pada basis data program MS Word, dan yang itulah yang akan kita lakukan.
Sebenarnya ketika kita mengetik, kita akan dengan mudah melihat kesalahan pengetikan pada dokumen yang sedang kita kerjakan langsung saat kita mengetik sebuah kata atau prasa. Garis tipis bergelombang berwarna merah persis di bawah kata yang kita ketik menandakan kesalahan ejaan atau ada huruf yang salah. Jika garis itu berwarna hijau, bararti kesalahan terletak pada tata bahasa baik pada tingkat leksikal maupun syntax, (ho ho linguistik buanget) akan tetapi kali ini, kesalahan tata bahasa diabaikan saja (toh kita kan orang indonesia!) termasuk penggunaan tombol spasi lebih dari 1 kali berturut-turut. tombol spasi tahu kaaan ? yang panjang itu lhoo! he he
Nah, duduk masalahnya sdh jelas bukan, ayo kita pecahkan!
  • Langkah awal, kita membutuhkan file Indonesian.dic, kamu dapat sedot  D I S I N I yang terasip dengan nama folder “Kamus Bhs indonesa for MS-Word”
  • Setelah didownload filenya, langsung ekstrak aja dengan WINRAR. (klik kanan > Extract here)
  • Habis itu kamu akan mendapatkan folder , dalam folder inilah terdapat file Indonesian.dic . sebaiknya copy folder tsb ke Localdisk (D:) (ini hanya saran aja) atau dimana saja kamu mau.
  • Selanjutnya, buka program MS Word 2007, Klik kanan di daerah mana saja pada Menu Bar, lalu pilih Customize Quick Access Toolbar… 
  • Selanjutnya akan tampil jendela Word Options. Klik opsi “Proofing” lalu klik “Custom Dictionaries” seperti pada picture below!
  • Setelah itu akan tampil lagi jendela Custom Dictionaries. Pada Dictionary List terdapat  yang secara default tercentang. Klik tanda centang tsb untuk menghilangkan (akan muncul kotak konfirmasi, pilih Yes). Setelah itu lalu Klik tombol Add mirip pada gbr. berikut: 
  • Setelah itu akan muncul jendela Add Custom Dictionaries seperti gambar dibawah. Cari folderKamus Bhs Indonesia for MS Word yang sudah diekstrak tadi pada Localdisk(D:)(terserah taro dimana). Pilih file Indonesian.dic, lalu klik Open. Lihat gambar berikut:
  • Selanjutnya akan tampil jendela Custom Dictionaries kembali. Pada Dictionary List sudah terdapat Indonesian.dic (Default). Pastikan Dictionary Language-nya yang berlaku adalah English (U.S.) terus klik OK lalu lagi sekali OK. selesai.
Sekarang mari kita buktikan manfaat fitur ini setelah kita manipulasi. Lihat gambar berikut:
pada lembar kerja MS Word 2007 di atas, saya sengaja mengetik “conroh” (bergaris bawah merah beregelombang, yang mana kata itu seharusnya tertulis “contoh”. pada kata “conroh” (yang salah ketik) saya klik kanan, kemudian tampil pilihan kata yang benar “contoh“. tinggal klik aja tuh, asik kaaan?
Jika terdapat kata yang bergaris bawah merah bergelomang, tapi pada dasarya penulisan kata itu sudah benar dan baku menurut Bhs Indonesia, maka pilih Add to Dictionary. Jika kata tersebut merupakan istilah yang tidak baku tapi penulisannya sdh benar, pilih Ignore.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Search Box

dfggfgf